Senin, 06 April 2009

Suikoden TierKreis



Tampaknya konsol handheld DS sudah menjelma menjadi sebuah konsol handheld yang cukup terkenal untuk game-game hasil remake maupun game orisinil. Hal ini dapat gamer lihat dari beberapa game RPG yang telah diluncurkan untuk konsol DS seperti Chrono Trigger, Etrian Odyssey, Dragon Quest IX, Final Fantasy III dan IV remake dan sekarang giliran Suikoden Tierkreis.

Suikoden, seperti yang gamer ketahui, merupakan salah satu game RPG yang sudah beredar di dunia RPG selama 12 tahun. Sempat meledak di pasaran pada saat perilisannya pada PS, sekarang Suikoden mulai mencoba untuk menjamah konsol handheld, Nintendo DS dengan judul terbarunya, Suikoden Tierkreis.

Selama ini Suikoden selalu dikenal dengan grafis visualnya yang memukau serta daftar karakter yang bisa kamu gunakan yang jumlahnya memang sangat teramat banyak (108 karakter) dan juga besarnya dunia yang bisa dijelajahi.

Bila kamu memainkan Suikoden dari zaman PS, maka kamu pasti tahu apa yang akan menjadi tujuan dari setiap gamer yang memainkan game ini. Betul sekali. Tujuan dari para gamer pastilah mencoba untuk merekrut seluruh karakter yang ada. Begitupula halnya dengan Suikoden Tierkreis. Suikoden DS ini menggunakan peta Overworld seperti yang digunakan dalam Order of Ecclesia, sehingga memungkinkan pemain untuk bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain dengan hanya sentuhan stylus atau menggunakan D-Pad.



Setelah kamu memasuki daerah tertentu, kamu akan menemukan banyak sekali desain yang terinspirasi dari franchise-franchise game lain yang tidak terhitung jumlahnya. Dengan menggunakan sejumlah lokasi daripada membangun kembali seluruh dunia dengan menggunakan semua trik-trik penggambaran animasi 2D dan 3D lah yang membuat game ini terasa indah. Apabila kamu memilih Blacksmith, maka kamu akan mendapatkan sebuah area kecil yang bisa kamu jelajahi. Lalu saat kamu memilih gereja atau bagian luar kota, kamu akan segera dihadapkan kembali dengan bagian dari game yang lebih bisa dikontrol. Memang agak sedikit berbeda dengan game RPG pada umumnya, tapi hal ini mengefektifkan permainan dan terbukti bisa berjalan dengan baik mengingat platform yang digunakan adalah konsol handheld DS.

Saat kamu sedang berada di peta dunia atau sedang berada dalam sebuah misi, dapat dikatakan game ini mirip seperti halnya game RPG pada umumnya. Kamu akan menghadapi musuh secara acak. Kemudian kamu akan berhadapan dengan musuh menggunakan sustem pertarungan giliran ala RPG tradisional.

Dalam Suikoden Tierkreis terdapat beberapa elemen yang sangat penting. Selain adanya total 108 karakter (dengan sekitar 20 karakter yang disebut sebagai support class fighter) ada juga Support fighter. Support fighter disini berarti bahwa kamu tidak akan selalu bisa menggunakan karakter tersebut sesukamu. Tapi karakter ini justru nantinya akan ikut membantu saat kamu sedang berada dalam pertarungan. Semua support fighter ini masing-masing memiliki kemampuan yang unik. Kadang kala saat kamu sedang bertarung, salah satu support character akan masuk ke pertarungan untuk memberikan sihir bantuan kepada karaktermu. Misalnya, menyembuhkan status, menambah darah ataupun kadang memperkuat kemampuan serangan ataupun pertahanan. Seperti biasa juga, ada beberapa karakter dari 108 karakter tersebut yang memang bukan merupakan karakter utama dan hanya bisa kamu dapatkan dengan menjalani misi tertentu agar bisa mendapatkan karakter tersebut.

Kisah utama disini berkisar pada cerita mengenai dimensi lain dan dunia lain. Kadang-kadang kamu akan mendapatkan cross over karakter yang cukup unik. Sebagai contoh, Marica, merupakan karakter awal yang dapat kamu temukan di awal permainan. Pada suatu saat, kelompokmu diserang dan Marica dari masa depan (tentunya lengkap dengan level yang jauh lebih tinggi dan lebih kuat) datang untuk membantumu menghadapi musuh. Melihat adanya cara permainan yang unik seperti ini, tampaknya masih ada banyak lagi kejutan yang telah disiapkan oleh Konami untuk semua gamer yang memainkan game ini. Ada lagi sistem permainan yang juga pasti sudah cukup dikenal oleh gamer semua. Setiap orang yang berhasil kamu rekrut akan memiliki pekerjaan dan profesi masing-masing. Apabila kamu mendapatkan seorang yang berprofesi sebagai penjaga hotel, maka nanti kamu akan mendapatkan fasilitas hotel di kastilmu dan seterusnya. Melihat perkembangan kastilmu akan terasa seperti melihat rumahmu yang sedang dibangun secara perlahan-lahan. Cukup menyenangkan.

Apabila biasanya kamu mendapatkan uang dari bertarung dengan monster, menjual barang-barang tertentu ataupun perlengkapan yang kamu rasa sudah tidak dibutuhkan, maka kali ini kamu akan mendapatkan tambahan lain yang juga tidak kalah menarik. Perlu diperhatikan disini, harga barang di setiap kota berbeda-beda satu sama lain. Jadi, kamu harus bisa mencari tempat yang menjual dengan harga termurah dan kemudian mencari kota lain yang mau membeli barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Inilah salah satu cara yang paling ampuh dalam mendapatkan uang di dunia Suikoden Tierkreis.

Yang perlu gamer perhatikan disini adalah kenyataan bahwa saat kamu memberikan dan mengubah perlengkapan senjata dan armor tertentu pada karaktermu, maka nantinya penampilan karaktermu juga akan ikut berubah. Sama seperti yang ditunjukan dalam Soma Bringer. Dapat dikatakan game ini merupakan game yang telah terpoles dengan baik, menarik dan siap untuk kamu mainkan selama berjam-jam. Selain itu, tambahan lain dari seri-seri terdahulu yang pastinya sudah kamu kenal adalah kemampuan untuk menyerang berdua sekaligus.

Selain cara permainan, Konami juga memberikan sedikit informasi lebih lanjut mengenai game Suikoden terbaru ini. Konami mengatakan bahwa nantinya kamu akan bisa menggunakan fasilitas online menggunakan wifi, lengkap dengan sejumlah besar tantangan dan misi yang bisa kamu jalankan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sejumlah besar karakter yang memang sudah menjadi trademark dari seri Suikoden selama ini. Saat sedang bermain online, apabila karaktermu mengalami peningkatan level, saat kamu kembali ke permainan offline, semua peningkatan level tersebut juga akan ikut terbawa, begitupula dengan peralatan dan perlengkapan lain yang kamu dapatkan saat kamu sedang bermain online.

console : NDS

 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template