Minggu, 05 April 2009

WWE Legend of Wrestlemania



Harus diakui, Wrestling zaman sekarang ini sangatlah menarik. Dengan kehadiran Smack Down dan TNA, nama wrestling pun semakin terkenal. Begitupula saat WWE Legends: Legend of Wrestlemania diumumkan tahun lalu, hal ini langsung mengundang perhatian dari banyak penggemar game wrestling. Hal ini memang wajar mengingat biasanya karakter-karakter wrestling legendaris kebanyakan hanya muncul sebagai karakter rahasia dalam game WWE Smackdown vs. Raw.

Dalam game ini, kamu akan bisa memainkan 38 karakter seperti Ultimate Warrior dan Jake "The Snake" Roberts dan juga empat manajer yang memang sudah melegenda seperti Jimmy Hart dan Mr Fuji. Legend of Wrestlemania memang berniat untuk memberikan atmosfer nostalgia dengan diberikannya 16 arena klasik, sejumlah besar video-video bersejarah dan sejumlah mode permainan yang bisa kamu mainkan. Empat manajer yang ada disini dapat dikatakan tidak ada fungsinya sama sekali karena mereka lebih condong hanya sebagai unsur peramai layar saja. Kadang mereka bisa naik ke atas ring untuk membantumu. Tapi mereka tidak bisa diperintah dan itulah yang membuat game ini menjadi kurang seru. Tambahan lagi, sekarang kamu tidak akan menemukan seorang wasit pun di dalam ring. Yang ada hanya karakter kamu dan lawanmu saja.

Kontrol yang digunakan pun tidak terlalu sulit. Kamu hanya membutuhkan 4 tombol yaitu strike, grapple, block dan action. Salah satu kekurangan yang ada pada game ini adalah adegan dimana pertandingan tersebut tidak terasa menegangkan. Tapi memainkan game ini bukan hanya sekedar membanting, memukul dan selanjutnya. Sebuah gerakan dimulai, bertarung di dalam ring dan kamu diharuskan untuk menekan tombol yang ada di layar agar gerakan tersebut bisa berlangsung. Pada saat kamu sedang melancarkan serangan, kamu tidak akan diberikan informasi tombol apa saja yang harus kamu tekan, tapi kamu diberi kebebasan untuk menekan tombol manapun yang kamu inginkan saat layarmu mulai berkilat biru.



Tentu saja saat kamu yang diserang, kamu harus menekan tombol onscreen agar bisa membalas serangan tersebut. Saat kamu sedang melakukan semua gerakan tersebut, nantinya akan muncul meteran momentum di bawah namamu. Saat kamu telah mengisi meteran tersebut hingga penuh, maka kamu akan memasuki meteran level dua dan seterusnya hingga meteran level ke tiga penuh. Pada saat meteran level ke tiga penuh, kamu bisa mengeluarkan gerakan penghabisanmu kapanpun. Serangan penutup juga memiliki rangkaian serangannya sendiri dan semuanya itu dimulai dari posisi berdiri.

Sejujurnya, game ini tidak terasa seperti game wrestling. Saat kamu berhasil mengeluarkan gerakan penghabisan, maka momentum levelmu akan kembali lagi ke level satu. Apabila kamu melakukan gerakan mengejek, kamu akan kehilangan satu level momentum tapi pada saat bersamaan kamu akan mendapatkan bonus-bonus seperti gerakan karaktermu yang tidak akan bisa dibalas untuk beberapa saat. Saat darahmu sudah merah (yang berarti kamu sudah sekarat), kamu akan dengan mudah dikunci dan langsung kalah.

Hal lain yang membuat game ini terasa kurang menarik adalah karena ulah THQ yang tidak memberikan fisik asli para karakter tersebut. Mereka malah memberikan tubuh baru yang terlihat mirip seperti badan ala action figure. Sedangkan untuk mode permainan, kamu tidak akan diberikan mode carreer untuk semua karakter legendaris. Kamu justru diberikan WrestleMania Tour Mode, sebuah mode yang meminta kamu untuk mengingat, menulis ulang dan mengubah sejarah.

Pada setiap pertandingan yang kamu lakukan, terdapat medali emas yang bisa kamu dapatkan. Tentu saja ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi apabila ingin mendapatkan medali tersebut. Mungkin agak sedikit mirip dengan sistem Dynasty Warriors 6. Setiap persyaratan tersebut memiliki nilai sendiri dan kamu akan mendapatkan poin yang dimaksud setiap kamu berhasil memenuhi persyaratan itu.

Seperti halnya semua game wrestling yang ada, terdapat mode Create a Superstar. Apabila kamu sudah sering memainkan Smackdown vs. Raw, kamu pasti akan dengan mudah terbiasa dengan pilihan-pilihan yang diberikan. Kamu bisa mengubah bentuk wajah, merubah gaya rambut dan gerakan apa yang diinginkan. Ada juga beberapa tambahan kostum baru yang bisa kamu gunakan disini. Sayangnya, kamu tidak bisa menggunakan karaktermu ini dalam WrestleMania Tour Mode.

Satu-satunya hal yang tidak mengecewakan disini adalah kamu bisa mengimport hasil save-an WWE SmackDown vs. Raw 2009. Masih ada mode permainan online yang bisa kamu mainkan bersama dengan temanmu.

Komentar terakhir kami, kami merasa game ini agak kurang seru karena gameplay-nya yang kurang inovatif. Daripada memberikan sebuah permainan baru, THQ justru memberikan beberapa batasan dan perubahan-perubahan yang sebenarnya tidak perlu. Pertarungan juga tidak terlalu seru dan benar-benar kurang terasa atmosfer wrestling. Tapi kalau gamer ingin mencoba untuk memainkan, seperti biasa, kami tidak akan menghalangi. Bagaimanapun juga kesan terhadap sebuah game adalah relatif.

 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template