Senin, 23 Maret 2009

Ponsel Gaming : Sony ericsson F305



















Sony Ericsson mengeluarkan sebuah ponsel khusus untuk para gamer. Sony Ericsson F305, sebuah ponsel seri F yang mengutamakan unsur FUN dan motion sensor sebagai fitur utamanya. Setelah Sony Ericsson berhasil sukses dengan ponsel walkmannya maka F305 berusaha untuk mengembalikan unsur FUN tersebut kedalam ponsel terbarunya ini. Jika biasanya kamu main game ponsel tidak ada interaksi lebih selain memencet tombol sesuai dengan urutannya, maka dalam ponsel ini kamu akan ikut beraksi layaknya pemain dalam game. Contohnya jika kamu main game Black Bass Fishing maka kamu harus mengayunkan ponsel kamu layaknya seorang nelayan di atas perahunya. Sangat menarik!


Ada tiga buah game yang dibenamkan di ponsel ini, yaitu Bowling, Jockey dan Black Bass Fishing. Selain itu, ponsel ini juga bisa digunakan untuk bermain game-game lain seperti Tropical Madness, The Sims 2, Racing Fever GT, Quadra Pop, Lumines Block Challenge, JC Does Texas, Jewel Quest 2, dan terakhir Asteroids. Game-game ini sudah pasti akan membuat kamu sibuk jika sedang bosan dalam perjalanan atau lama menunggu dalam sebuah antrian panjang, Sony Ericsson F305 pasti akan jadi teman setia buat kamu.
Ponsel yang memiliki kedalaman 256 ribu warna pada layar berukuran 176 x 220 pixel ini mampu membuat setiap frame dalam gamenya lebih terlihat fresh. Jika kamu terbiasa memakai seri Walkman yang memiliki kelebihan pada kualitas suaranya, maka kamu jangan khawatir, sebab Sony Ericsson F305 ini juga memiliki kualitas suara yang tidak mengecewakan. Hal ini bisa dicapai karena adanya external speaker yang mendukung kualitas suara F305.


Memory internal ponsel ini sebesar 10 MB, tapi jangan khawatir karena masih ada external slot untuk memori stik micro, yang bisa ditambahkan hingga 4 GB, dengan ini kamu bisa puas men-download musik, gambar, video, bahkan game-game java gratisan dari internet karena ponsel ini juga mendukung JAVA MIDP 2.0. Ponsel ini tersedia dalam dua warna yaitu Polar White dan Mystic Black. Namun, untuk kamu yang senang ber-SMS mungkin akan sedikit kecewa, karena bentuk keypadnya kurang mendukung untuk aksi SMS cepat, hal ini karena semua tombolnya terlalu kecil dan tidak timbul, dan akhirnya akan menyebabkan kesalahan dalam meng-input setiap karakter yang ada.


Begitu pula dengan kualitas kamera yang ditanam pada ponsel berukuran tidak lebih dari genggaman tangan orang dewasa ini kamu akan melihat delay sepersekian detik dari gerakan ponsel kamu.
Bentuk dan desain F305 ergonomis seperti layaknya sebuah kontroler konsol, dengan tombol empat arah dan tombol O dan X di sisi atas. Juga ada tambahan sebuah tombol shortcut untuk langsung masuk ke folder game. Kombinasi tombol ini dapat dipakai untuk jenis game yang dapat dimainkan secara horizontal. Dengan berat hanya 97.5g ponsel ini tidak akan membuat kamu cepat lelah, apalagi dia juga sanggup dipakai bermain lama karena daya tahan baterainya yang kuat. Untuk dipakai menelpon biasa, tercatat kalau ponsel ini juga mampu bertahan hingga delapan jam waktu bicara.

Fitur Bluetooth dapat dipakai secara A2DP artinya kamu juga bisa mendengar musik dari alat Bluetooth yang sudah di pairing dengan F305. Caranya cukup mudah, kamu aktifkan terlebih dahulu Bluetooth dari F305, kemudian nyalakan juga Alat Bluetooh kamu dan tekan tombol + (plus) - (minus) dari alat Bluetooth kamu hingga lampu indikator berwarna merah. Setelah itu lakukan proses searching dari F305 dan kamu siap ber-bluetooth ria tanpa harus kerepotan dengan kabel. Tapi sayang untuk main game, suara dari gamenya tidak keluar, artinya kamu tidak bisa merasakan sensasi bermain game lebih seru tanpa ada suara khas dari gamenya.


Untuk kualitas suara ketika melakukan panggilan telpon, Bluetooth HBH - PV 708 yang dipairing dengan F305 ini mampu mengeluarkan suara jernih. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu dalam perjalanan karena tidak perlu ribet mencari-cari ponsel karena cukup menekan tombol pada sisi luar Bluetooth HBH - PV 708 maka kamu sudah bisa langsung menjawab panggilan telpon.



Untuk segi tampilan menu, F305 masih menggunakan ciri khas dari seri Sony Ericsson yang terdahulu, sehingga baik pengguna baru ataupun yang pernah menggunakan Sony Ericsson sebelumnya tidak akan bingung. Dalam paket penjualan ponsel ini terdapat tambahan berupa tali untuk dikalungkan di tangan. Karena beberapa game dalam ponsel ini mengutamakan unsur motion maka kemungkinan besar ponsel terlempar sangat besar, untuk menghindari hal tersebut Sony Ericsson sudah mempersiapkan kemungkinan tersebut termasuk adanya sebuah peringatan dalam game tersebut yang menyebutkan bahwa setiap pengguna untuk berhati-hati dan menjaga jarak dengan orang-orang sekitar untuk menghidari kejadian ponsel kamu terlempar.


Sekedar informasi saja, bahwa unsur motion pada ponsel ini menggunakan kamera sebagai sensor untuk mendeteksi gerakan kamu, jadi sebisa mungkin jangan sampai kamera terhalangi tangan kamu atau benda lainnya, karena percuma saja jika kamu mengayunkan ponselnya sekuat tenaga tapi tidak akan ada reaksi yang didapat. Apalagi kalau kamu mencoba memainkannya di ruangan gelap, sensornya tidak akan membaca gerakan kamu.Coba saja mainkan game Bass Fishing dalam tutorialnya disebutkan bahwa semakin kuat kamu melempar, maka umpan kamu akan terlempar makin jauh dan kemungkinan mendapat ikan dengan bobot yang lebih berat akan sangat besar, dan hasil ujicoba dengan lemparan biasa ternyata juga bisa mendapatkan ikan dengan bobot yang lebih berat. Kali ini coba juga game Jockey yang cukup unik. Dalam tutorial game itu kamu harus mengguncang-guncangkan ponsel supaya kuda pacuan kamu bisa berlari lebih kencang, tapi hasil ujicoba kami ternyata tidak perlu terlalu bersemangat karena dengan hanya gerakkan seperlunya kuda pacuan kamu juga bisa melaju kencang tergantung dari seberapa sering kamu menggunakan cambuk. Tidak sampai di situ saja, coba juga game Bowling, dalam game ini sebenarnya sama saja karena tidak terpengaruh dengan semakin kuat kamu mengayunkan ponsel kamu maka semakin akurat juga lemparan bola, karena bola akan tetap melenceng, Yah cukup seru untuk sebuah game ponsel!Nah, Asyik kan semua fitur yang dimiliki F305 ini? So pasti ponsel ini bisa menjadi teman kamu bermain game di mana saja, apalagi kalau kamu ngakunya adalah seorang gamer sejati, F305 pas banget untuk kamu. Jadi tunggu apalagi segera datangi counter Sony Ericsson terdekat untuk memiliki ponsel ini.


 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template