Kamis, 12 Maret 2009

Fire Emblem


Akhirnya serial Fire Emblem tiba juga di Nintendo DS. Tapi daripada sebuah game baru, kita justru disuguhi dengan sebuah remake dari judul game original yang memulai semuanya. Kali ini, Fire Emblem dilengkapi dengan fitur-fitur serta grafik-grafik baru yang serba modern. Mungkin bagi para penggemar berat Fire Emblem, akan protes berat karena secara keseluruhan Fire Emblem rilisan untuk DS ini bukanlah serial yang memiliki jalan cerita yang paling dalam yang ada. Tapi bagi gamer biasa, pasti akan merasa bahwa Fire Emblem: Shadow Dragon merupakan salah satu contoh game turn-based strategy terbaik yang pernah ada dan merupakan sebuah contoh game yang menyajikan gameplay serta action secara seimbang.

Seperti yang sudah kami jelaskan, game ini merupakan sebuah game strategi RPG yang mirip dengan Final Fantasy Tactics atau Advance Wars. Dengan menggunakan arena pertarungan yang menggunakan grid-base, pemain akan memberikan perintah pada masing-masing unitnya dan membiarkan mereka yang melakukan pertarungannya. Mekanisme pertarungan yang berlaku disini menggunakan sistem tradisional dimana pedang efektif melawan kapak, kapak efektif melawan tombak dan tombak efektif melawan pedang. Sebenarnya sistem pertarungan seperti ini bukan bagian dari game originalnya dan tidak lama kemudian, mekanisme ini diperkenalkan serta diimplementasikan dalam game remake-nya.

Ada banyak sekali varias pertarungan dalam gameplay-nya daripada hanya sekedar mengalahkan semua musuhmu. Di awal-awal, kamu akan dipaksa untuk mengorbankan salah satu unitmu sebagai umpan agar pasukanmu bisa kabur. Beberapa unit tertentu memiliki kemampuan khusus yang bisa mengeksploitasi arena pertempuran. Sebagai contoh, unit thieves yang dapat membuka kunci serta mencuri harta dari kota dan kastil. Menggerakan sebuah unit ke dalam sebuah rumah akan memungkinkan mereka untuk berbicara dengan para penduduk setempat dan mungkin saja bisa mendapatkan informasi berharga mengenai konflik yang sedang ada sekarang ini. Sebenarnya game ini membutuhkan keputusan yang strategis karena kamu diharuskan untuk mengorbankan giliran salah satu pasukanmu untuk bisa mendapatkan informasi ini. Apabila kamu menempatkan karakter yang tepat di samping musuh yang benar, kamu bisa saja meyakinkan mereka untuk membelot ke pihakmu. Ini merupakan sebuah game dimana kamu tidak bisa main dengan santai.

Bagi mereka yang telah memainkan game Fire Emblem ini di Famicom, tentu akan mengenal peta pada Shadow Dragon. Tampilan grid dari tahun 1990 telah diupdate dengan grafik yang lebih modern. Banyak sekali fitur-fitur baru yang ditambahkan disini. Salah satu contoh tambahan tersebut adalah adanya empat chapter pendahuluan yang diikutsertakan di awal game ini, kemudian diteruskan ke tempat dimana game tersebut pertama bermula.

Apabila kamu merupakan seorang gamer yang sudah merasa bosan dengan banyaknya game santai yang dikeluarkan oleh Nintendo untuk DS, maka Fire Emblem ini adalah game yang cocok untuk kamu. Bukan saja game ini membutuhkan banyak sekali pemikiran strategis, game ini juga terkenal sebagai sebuah game yang tidak mengenal belas kasihan bagi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pemain. Apabila salah satu unitmu mati, maka unit tersebut benar-benar telah mati. Kamu tidak akan bisa menghidupkan unit tersebut dan mereka juga tidak akan kembali setelah pertarungan berakhir. Memang terlihat kejam, tapi itulah yang membuat setiap keputusan yang dibuat menjadi sangat penting. Sering sekali, kamu dipaksa untuk mengulang sebuah pertarungan yang sudah kamu lewati untuk menjaga agar tidak kehilangan anggota tim yang berharga. Tapi akan ada saat dimana kamu harus mengorbankan seseorang. Mencoba untuk menjaga agar seluruh unitmu tetap hidup menambah panjang daftar strategi yang harus kamu pikirkan dan tidak akan dapat kamu temukan dalam game strategi manapun. Hal ini benar-benar merupakan sebuah perubahan yang patut kita sambut dengan baik dan juga merupakan sebuah pengingat bagi kita bahwa Nintendo juga bisa menciptakan game hardcore apabila mereka mau.


Pada saat pertama kamu memainkan game ini, kamu akan mendapatkan 4 chapter pembukaan dimana kamu akan mulai diajari mekanisme dan sistem yang berlaku dalam game ini sekaligus memberikan sedikit gambaran mengenai jalan cerita yang ada. Selain itu, sekarang kamu juga bisa melakukan save saat sedang berada di tengah pertarungan.

Berhubung sekarang ini, menjaga agar unit-mu tetap hidup merupakan sebuah hal yang sangat penting, kamu harus memperhatikan jarak serangan dari musuh. Bagaimana caranya? Satu lagi fitur yang ada dari game ini untuk membantu kamu. Kamu akan dapat melihat jarak serangan dari musuhmu, beda halnya dengan kebanyakan game strategi. Benar-benar merupakan sebuah fitur yang sangat membantu.

Fitur lain yang ditambahkan disini adalah adalahnya mode Wi-fi dan multiplayer. Dua pemain dapat melakukan pertarungan kecil-kecilan baik secara lokal maupun online. Tapi sayangnya, dalam pertarungan ini, kamu hanya diperbolehkan membawa 5 petarung. Selain itu, game ini juga mendukung voice chat. Bagi pemain yang sedang kesulitan dalam permainan, entah karena musuhnya terlalu kuat atau tidak punya item yang cukup bagus untuk bertarung dengan musuh, kamu dapat meminjam pasukan yang lebih kuat dari temanmu atau membeli barang-barang langka dari toko online dengan uang yang kamu dapatkan dari pertarungan.

Secara keseluruhan, Shadow Dragon terlihat cukup bagus, walaupun masih tidak dapat disamakan dengan game strategi keluaran Square Enix pada DS seperti Final Fantasy Tactics A2. Fire Emblem: Shadow Dragon sebenarnya tidak menawarkan sesuatu yang revolusioner. Tapi yang patut kita perhatikan disini adalah kenyataan bahwa game ini merupakan sebuah game hasil polesan ulang dan merupakan sebuah gaming strategi yang cukup seimbang. Nintendo melakukan pekerjaan yang cukup bagus dengan tetap membiarkan tantangan yang memang sudah terkenal dari seri ini dan pada saat yang bersamaan, juga menyajikan sebuah pengalaman bermain yang lebih bersahabat bagi mereka yang baru pertama kali memainkan game ini.

 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template