Sabtu, 28 Maret 2009

Warhammer Online: Age of Reckoning




Warhammer Online: Age of Reckoning adalah salah satu game MMORPG yang paling ditunggu sekarang ini. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan dari game online pada umumnya, hanya akan membuat kamu bertahan di game tersebut selama beberapa hari atau beberapa minggu saja. Tapi tidak halnya untuk Warhammer Online. Game ini akan membuat kamu terpaku untuk waktu yang lebih lama daripada yang kamu bayangkan.

Warhammer Online merupakan salah satu dari sekian banyak game online yang memiliki grafik terhalus dan jalan cerita yang terbaik yang pernah ada. Selain itu, seluruh aspek yang ada dalam Warhammer Online terlihat sangat mapan. Ini merupakan bukti bahwa sang pencipta dari game online ini telah menuangkan seluruh kemampuannya untuk menciptakan MMORPG tersebut.

Bagi para fans game Warhammer tentunya sudah mengenal game ini semenjak lama. Apabila bagi pembaca review ini bertanya-tanya "Kenapa bisa begitu?"; jawabannya cukup mudah. Game Warhammer Online ini terinspirasi dari game tabletop yang cukup populer. Sudah dua puluh tahun lamanya game ini eksis di dunia gaming dan pastinya para fans pasti sudah banyak mengkoleksi mainan-mainannya seperti orc, elves, dwarves, trolls dan banyak lagi yang lainnya. Sekarang, fans sudah bisa menciptakan avatar virtual sendiri dengan memilih satu dari enam fraksi yang dapat kamu pilih di Age of Reckoning. Cerita yang disajikan, seperti yang sudah kami sebutkan di atas, cukup bagus walau memang tema yang digunakan sudah sering kita temui. Contohnya, keadaan dimana Dark Elves mulai menginvasi kediaman dari High Elves.



Salah satu hal yang membuat game ini terasa seru un
tuk dimainkan, adalah kenyataan bahwa disini banyak sekali misi yang dapat kamu lakukan. Dengan banyaknya misi dan tipe permainan Player-versus-Environment (PvE), dijamin para gamer tidak akan mengalami kekurangan misi untuk dilakukan. Misi-misi yang ada, rata-rata bisa dilakukan secara solo. Tapi sudah pasti akan lebih seru apabila kamu bisa menjalankan misi tersebut dengan lebih dari satu pemain. Kamu bisa membentuk kelompok untuk bertempur dan menjalankan misi bersama untuk mempermudah dan membuat suasana permainan lebih ramai.

Misi yang diberikan dalam Age of Reckoning kebanyakan adalah misi-misi standar. Bunuh sejumlah musuh atau kumpulkan sejumlah bunga untuk menyelesaikan misi. Tapi Warhammer Online telah membuat misi tersebut terasa lebih mudah dengan disediakannya sistem map yang akan membantu kamu menemukan misi mana yang lebih mudah untuk dilaksanakan terlebih dahulu.



Kemudian ada juga misi umum dimana dibutuhkan sekitar setengah lusin pemain atau lebih untuk menyelesaikan misi tersebut. Yang membuat misi umum ini menjadi salah satu nilai positif disini, adalah kenyataan bahwa misi umum seperti itu tersedia sangat banyak dan misi ini boleh diikuti oleh siapapun yang kebetulan juga ingin ikut bergabung.

Lalu ada mode permainan Player-versus-Player (PvP) yang merupakan salah satu model permainan paling umum dan juga paling dicari oleh kebanyakan fans game online. Saat kamu memainkan mode PvP ini, bukan berarti kamu a
kan bertarung langsung satu lawan satu sendirian. Disini, sistem pertarungan yang diterapkan adalah sistem pertarungan antar ras. Jadi, apabila kamu termasuk dalam ras High Elves, maka nantinya kamu akan bertarung bersama dengan pemain lain yang juga menggunakan High Elves melawan ras lain. Tapi perlu diingat juga. Pertarungan disini juga mengutamakan pertarungan antara baik dan jahat. Pihak yang baik disebut sebagai Order players (High Elves, Empire dan Dwraves) dan pihak yang jahat disebut sebagai Destruction players (Dark Elves, Greenskins dan Chaos). Kebanyakan misi yang diberikan disini bersifat deathmatch alami. Bukan berarti tidak akan ada misi yang memiliki objektif lain. Kadang kamu juga akan mendapatkan objektif seperti menguasai beberapa lokasi strategis tertentu atau mengambil beberapa objek tertentu.

Masih belum puas juga dengan seluruh mod
e tersebut? Jangan khawatir, karena masih ada satu lagi model pertarungan yang dapat dilakukan disini, yakni pertarungan Realm-versus-Realm (RvR), yang mengambil daerah pertarungan di daerah terbuka dimana kekuatan Order dan Destruction saling bertemu dan bertarung. Peperangan ini merupakan sebuah pertarungan untuk mendapatkan dan mempertahankan benteng yang strategis dan masih banyak lagi koordinasi yang bisa kamu temukan disini. Pada setiap benteng, terdapat perkemahan yang dapat kamu ambil dan kamu tempati. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan memperkuat pertahanan dari benteng tersebut (bila pihak kamu sedang mempertahankan benteng) atau memperlemah benteng tersebut (bila pihak kamu sedang berusaha untuk merebut benteng).

Hal yang menarik mengenai Warhammer Online adalah seluruh mode tersebut bisa memenuhi keinginan pemain secara spesifik. Bila kamu merupakan tipe pemain yang lebih suka bermain solo atau hanya dengan kelompok kecil, kamu bisa menghabiskan waktumu dengan menjalankan misi dan kemudian semakin lama semakin berkembang dengan menjalankan misi yang lebih berat. Apabila kamu adalah tipe pemain yang lebih menyukai PvP, ada 2 mode yang dapat kamu mainkan. Sangatlah mudah untuk membentuk sebuah kelompok, war band (sekelompok besar), atau bahkan sebuah guild resmi dimana setiap pemain akan memiliki pangkat dan sebagainya. Game ini juga termasuk game yang bersifat sosial.

Sedangkan dalam hal inovasi, Warhammer Online sama sekali tidak membuat sesuatu yang baru, tapi untungnya Warhammer Online berhasil menyajikan seluruh elemen yang dibutuhkan dalam game online secara menarik dan bagus. Permainan juga tergolong mudah. Mengapa bisa kami katakan mudah? Karena game ini menyediakan beberapa tools yang memang sangat berguna untuk membantu memantau petualanganmu. Sebagai contoh, saat dalam permainan, cobalah untuk membuka sebuah ensiklopedia dalam permainan yang disebut dengan Tome of Knowledge. Dengan buku ini, kamu bisa mengetahui seluruh perkembangan dari karaktermu. Dari banyaknya pencapaian yang sudah kamu dapatkan, berapa banyak musuh yang sudah kamu bunuh atau hanya membaca kisah yang disajikan disini.



Lalu untuk masalah leveling up, kamu tidak perlu terlalu bingung karena game ini dapat dikatakan sebagai tipe yang murah hati. Kamu tidak perlu lagi pergi berkeliling ke seluruh map yang ada hanya untuk berburu monster dan mencoba menaikan level. Dengan banyaknya misi yang dapat kamu lakukan, belum lagi ditambah dengan tipe permainan PvP, setiap kali kamu menyelesaikan misi-misi tersebut, kamu akan mendapatkan experience dalam jumlah besar.

Sedangkan untuk masalah grafik, game ini sama sekali tidak membutuhkan kualitas grafik yang terlalu tinggi untuk PC. Bukan berarti game ini tidak memiliki grafik yang bagus. Dari lembah berbatu dari Empire capital Altdorf hingga daerah pegunungan dari suku dwarves, daerah hijau elves dan banyak lagi tempat lain yang dapat kamu lihat dan kamu nikmati. Bahkan desain monsternya sendiri cukup menyeramkan. Mulai dari hydra sampai dengan desain troll yang berkesan brutal, warna yang digunakan sangat terang. Suara juga sudah cukup bagus. Kebanyakan suara yang ada dalam game terkonsentrasi pada lingkungan di sekitar seperti suara gemerisik daun dan suara angin yang berhembus.

Sebagai penutup, menurut kami game ini cukup bagus dan banyak sekali yang akan dapat kamu nikmati dan kamu lihat di game ini. Butuh lebih dari sekedar berminggu-minggu untuk bisa menjelajahi semuanya.

 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template