Rabu, 18 Februari 2009

Afro Samurai



Kalau kamu pembaca komik Afro Samurai sekaligus menganggap keren orang kulit hitam yang berlagak seperti samurai sungguhan, kami jamin kamu pasti akan menyukai game terbaru besutan Namco Bandai yang berjudul sama dengan komiknya, Afro Samurai. Game ini menawarkan pertempuran yang brutal dan sadis yang dibawakan dengan tehnik cel shading yang indah sekaligus mengerikan karena banyaknya cacat teknis yang diderita. Untungnya pertempuran yang menghibur dan elemen lainnya bisa menyelamatkan Afro Samurai dari predikat biasa-biasa saja. 

 
Cerita Afro Samurai diwarnai dengan tema balas dendam yang cukup klasik, sebagai pemegang ikat kepala nomer dua kamu harus mengalahkan pembunuh ayamu yang berikat kepala nomer satu. Walaupun kamu masih bingung dengan cerita yang ada di dalam game ini, tetapi kami yakin suasana pertempuran Afro Samurai akan membuatmu merasa tertarik ke dalam cerita, apalagi sepanjang permainan kita akan ditemani dengan aliran musik hip-hop yang digabungkan dengan alunan musik-musik Jepang. Sekedar informasi pengisi suara Afro adalah Samuel L. Jackson yang kali ini benar-benar memperlihatkan kelasnya dalam memainkan sebuah peran. 

Sistem pertempuran dalam Afro Samurai memakai kontrol yang sama dengan kebanyakan game lain yang sejenis. Kita bisa melakukan serangan lemah, kuat dan tendangan untuk menghabisi musuh-musuh yang ada. Gerakan dasar tersebut bisa kita kombinasikan untuk mengumpulkan focus mode yang bisa dipakai untuk memotong-motong tubuh musuh. Dengan focus mode kita bisa mengubah lintasan pedang milik Afro sehingga mengarah ke titik-titik fatal seperti leher ataupun pinggang. Apabila serangan tersebut mengenai musuh dengan telak bisa dipastikan anggota badan musuh yang menjadi target akan terbelah dua dan terlepas dengan sadis. 

 
Saat berada di luar pertempuran, Afro akan berjalan kaki selama proses tersebut berlangsung. Dalam kondisi tersebut Afro akan menemui elemen platformer di dalam gameplay yang kurang digarap dengan baik. Kita bisa saja melakukan wall run, melompat dan berpegangan pada tepian bangunan, tetapi sayangnya semua gerakan tadi bisa dilakukan apabila diijinkan oleh sistemnya. Lama-kelamaan elemen platformer tersebut akan membuat kita cukup frustasi terutama ketika kita mati di tangan seorang bos yang mengharuskan kita mengulang semua lompatan yang sudah kita lakukan dari awal. Sebenarnya sistem tersebut bisa digabungkan dengan serangkaian serangan, sayangnya gerakan yang keluar malah terlihat kaku dan jelek.
Kondisi di atas meninggalkan satu-satunya hiburan yang pasti dalam Afro Samurai adalah sistem pertempuran yang seru, untungnya setiap stage dalam Afro Samurai sangat mendukung jalannya pertempuran. Sebagai contoh kita bisa saja melempar musuh-musuh ke beragam obyek seperti piranti elektronik untuk membuat mereka kesetrum dan mati dalam sekejap.

 
Walaupun pertempuran berjalan keren dan mantap Afro Samurai memiliki masalah tempo pertempuran yang tidak konsisten. Terkadang kita akan berjalan terus-menerus tanpa menemukan musuh seekor musuhpun tetapi beberapa menit kemudian kita akan berhadapan dengan gelombang musuh yang tidak ada habis-habisnya sehingga membuat kita ingin memaki-maki sang pembuat game. Selain itu para bos juga memiliki kecendrungan untuk berkali-kali melakukan cheap attack tanpa memberikan tantangan yang sesungguhnya. Dengan segala kelemahan di atas sistem pertempuran masih harus dirusak lagi dengan sistem kamera yang buruk terutama ketika berada di dalam ruangan. Bayangkan saja, kita bisa menggerakan kamera ke arah atas atau bawah sedangkan arah kanan ke kiri tidak bisa digerakkan sama sekali. Kondisi tersebut membuat kita terkadang mengalami disorientasi arah yang parah.

Di luar semua kelemahan tadi, Afro Samurai sebenarnya memiliki daya tarik tersendiri, desain visual yang keren dan soundtrack yang mantap membuat kita bisa melupakan sejenak seluruh kelemahan yang dimiliki oleh Afro Samurai. Sebenarnya grafis cel shading dalam game ini lebih mirip dengan tehnik soft colors, muted lighting dan penggabungan teksture 2D dengan 3D. Pada versi PS3 sering sekali terlihat frame rate yang naik turun pada beberapa adegan, sisanya seluruh elemen dalam game ini terlihat identik pada kedua versi.

 

Dengan segala kekurangannya Afro Samurai sesungguhnya bukanlah game yang patut dihindari, tetapi tidak bisa juga digolongkan sebagai game yang harus kita miliki. semuanya tergantung keputusanmu sebagai gamer. Suka animasi Afro Samurai? Tidak ada salahnya memiliki game ini. Mengharapkan game yang sangat keren dengan ekspetasi tinggi sampai ke langit-langit? Sebaiknya jangan deh .

console : Ps3 , xbox 360

 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template