Sabtu, 07 Februari 2009

Grand Theft Auto IV


Rockstar memiliki sentuhan ajaib, perkembangan game-game buatannya selalu sangat mengejutkan. Dimulai dari GTA III yang merupakan game dengan konsep open world pertama, sampai ke San Andreas yang memiliki perkembangan yang jauh melebihi kedua GTA sebelumnya. Kali ini Rockstar memberikan kejutan yang lebih dahsyat, akhirnya serial GTA berani berhitung sampai IV. Di tengah-tengah era next-gen, Rockstar berani meluncurkan serial GTA terbaru. Kemajuan apa lagi yang telah dicapai oleh Rockstar melalui serial ini? Untuk lebih jelasnya mari kita simak review berikut.

Liberty City merupakan tiruan detail dari kota New York lengkap dengan patung Liberty ditambah grafis menawan yang telah menjadi standard era next-gen. Rasanya memainkan GTA IV seperti melihat film mafia yang memang ada di Amerika pada tahun 50-an. Kini fungsi HUD dalam game hanya muncul ketika karakter utama melakukan aksi, hal ini tentu menambah kesan nyata ketika kita memainkan game GTA IV.

Pernak-pernik tambahan dalam game seperti paket tersembunyi telah dihilangkan, sebagai gantinya kini pemain dapat mengumpulkan beberapa benda yang terlihat lebih lazim untuk dikumpulkan oleh seorang mafia. Selain itu kini tempat untuk melakukan aksi berbahaya kini tersamar lebih baik di dalam kota Liberty City.

Efek yang ada dalam game kini lebih terlihat nyata, efek ledakan kini meninggalkan bekas asap panjang yang membumbung tinggi di angkasa. Selain itu bila terjadi hujan, efek kilatan dan petir sangat memesona. Kali ini hujan tampak membasahi jalan-jalan di GTA IV secara bertahap, tidak sekaligus seperti pada game sebelumnya sehingga tampilan menjadi lebih realistis. Di luar efek yang ditampilkan dalam game GTA IV, perilaku AI bertambah pintar dan membuat Libert City terlihat sangat hidup. Bila hujan datang penduduk kota Liberty City akan mulai membuka payung yang mereka miliki dan apabila seorang AI tidak memilikinya, AI tersebut akan berlarian sambil mengangkat tas atau tangan ke atas kepala. Semua kelakuan unik para AI, membuat Liberty City terlihat sebagai tiruan otentik dari New York City. 
 
Secara perlahan sinar matahari kemerahan akan muncul di garis horizon, semakin lama semakin terang dan berganti menjadi cahaya kuning yang menandai datangnya hari di kota Liberty City. Semua kesan yang didapatkan di dalam game, membuat saya menjadi saksi mata pergantian hari secara utuh dan sempurna layaknya dunia nyata.
Selain grafis yang aduhai, game ini memiliki beberapa upgrade lain yang cukup menarik perhatian, kini tembak-menembak dalam game dapat dilakukan sambil berlindung dibalik dinding. Fitur ini membuat gameplay dalam GTA IV sama dalamnya seperti game-game shooter lainnya yang ada di pasaran saat ini. Selain itu jalanan dalam game kini mengalami perubahan tekstur dan bunyi ketika dilewati. Hal ini baru ada pada GTA IV.

Pertempuran bermobil mengalami peningkatan tersendiri, kali ini kita tidak akan dipusingkan dengan misi-misi yang mengharuskan kita melakukan tembak menembak di dalam mobil. Fasilitas penguncian otomatis memberikan sedikit kemudahan, selain itu kini tembakan dapat dilakukan secara lebih bebas bahkan ketika kita berada di kursi penumpang.
 
Bagaimana dengan cerita GTA IV? Untuk yang satu ini saya tidak akan membeberkan cerita game GTA IV, saya akan membiarkan kamu untuk mengalami sendiri kisah kelam ala Rockstar yang biasa terjadi di dalam setiap episode GTA. Yang jelas, tokoh utama GTA IV merupakan mantan prajurit yang memiliki masa lalu cukup suram, kini cerita tidak hanya berkutat seputar bagaimana cara menjadi kaya serta menguasai kota. Penambahan narator dalam penyampaian cerita memberikan nuansa tersendiri yang belum pernah dialami pada game sebelumnya. Bisa dibilang peran karakter utama di dalam game GTA kali ini, memiliki lebih banyak unsur cerita dibandingkan seri GTA terdahulu. Mengikuti keseluruhan cerita GTA IV akan menghabiskan kira-kira 40 jam gameplay. Lamanya permainan akan semakin panjang apabila kalian ingin mendapatkan semua rahasia yang terdapat di dalam game.
 
Untuk urusan suara di dalam game GTA IV tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari suara kecil seperti suara dengungan televisi sampai suara ledakan yang besar semua disajikan secara detail, tetapi soundtrack dalam game GTA IV banyak yang merupakan remake ataupun remix dari soundtrack game GTA sebelumnya.

Sisi multiplayer kini diperhatikan Rockstar dengan lebih serius. GTA IV memiliki lima belas mode multiplayer yang berbeda seperti, Deathmatch, Mafia Work, Car Jack City, Cops `n Crook, Tuff War, Deal Breaker, Hangman`s NOOSE, Bomb da Base II, Race dan yang terakhir adalah GTA Race. Mode multiplayer tersebut mendukung sampai enam belas orang pemain yang dapat bergabung bersama dalam permainan baik secara online maupun LAN antar konsol.

console : PC, PlayStation 3, Xbox 360

 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template