Selasa, 30 Juni 2009

[ Nintendo Wii ] Super Mario Galaxy 2



Setelah gamenya yang pertama dirilis pada tahun 2007, E3 2009 yang belum lama diselenggarakan datang dengan membawakan kabar terbaru mengenai sekuelnya. Dengan kembali hadir eksklusif untuk Nintendo Wii, Super Mario Galaxy 2 melanjutkan kembali petualangan Mario dalam menjelajahi galaksi dan mengumpulkan Power Star. Dan sebagai sebuah sekuel terbaru, game ini tentunya akan menghadirkan kembali fitur-fitur yang pernah ada di game terdahulunya dan dengan menambahkan beberapa unsur fitur yang belum sempat dimunculkan pada sebelumnya.

Bagi kamu gamers yang belum mengetahui tentang Super Mario Galaxy pertama, game tersebut merupakan salah satu game terbaik yang pernah dimiliki oleh Nintendo Wii dan bahkan termasuk di dalam VGI Best Games of 2007. :p Gameplay merupakan salah satu aspek terkuat pada game ini. Gameplay dari Super Mario Galaxy terbilang sangat inovatif dan menarik. Bisa dibilang begitu karena genre platformer yang merupakan khas dari Super Mario klasik kembali disajikan pada game ini, namun dengan balutan yang sangat layak disejajarkan dengan kelas game-game next-gen pada saat ini. Di antaranya adalah dunia full 3D yang indah, motion control yang inovatif, gameplay yang mengasyikkan, dan kualitas suara yang khas serta unik. Keseluruhan nilai unggul game tersebut dapat dikemas dengan sempurna sebagai sesuatu yang baru dan segar, namun tanpa harus menurunkan nilai klasiknya sebagai sebuah game Mario.

Klasik bukan berarti bahwa game ini akan hadir sebagai sebuah platformer game dengan tampilan 2D side-scrolling. Kalau kamu masih ingat dengan gameplay Super Mario 64 dan Super Mario Sunshine, kedua game tersebut merupakan game-game 3D platformer di serial game Mario. Sama seperti itu, sekuel ini juga akan kembali menghadirkan dunia dan environment dalam nuansa full 3D. Lalu ada banyak fitur menarik yang akan membuat game ini jelas terasa mengasyikkan. Fitur item serta power-up yang pernah kamu lihat di game prekuelnya akan kembali ditampilkan disini dan bahkan dengan tambahan-tambahan yang baru. Power-up yang pernah kamu gunakan di game pendahulunya disebutkan akan kembali dapat digunakan pada game ini, contohnya antara lain Bee Suit yang memasangkan Mario dengan kostum lebah dan dilengkapi dengan fitur terbang apabila kamu menahan tombol lompat, lalu ada Ice Mario, Spring Mario, dan semacamnya. Star Bits juga akan kembali kamu kumpulkan di game ini dan masih bisa kamu gunakan untuk menambahkan jumlah nyawa kamu. Yang menarik, di game ini kamu juga bisa menunggangi Yoshi seperti di Super Mario Sunshine. Dengan menggunakan Yoshi, gamers dapat menggunakan lidah Yoshi untuk menyeberangkan Mario, lalu mengkonsumsi buah-buah yang berguna sebagai power-up untuk Yoshi, misalnya untuk meningkatkan kecepatan atau mengembang seperti balon dan melayang.

Sebagai sebuah sekuel yang baru, game ini dikemukakan tidak akan hanya memberikan variasi pada dunia yang telah hadir pada game sebelumnya. Disebutkan bahwa akan ada lebih sekitar 90% level yang baru untuk game ini, dengan sisanya sebagai variasi dari planet yang sudah pernah ada pada game sebelumnya. Fitur motion control dari game pendahulu yang disebut-sebut sebagai pengoptimalisasian fitur motion-sensing pada Wii juga tampak kurang lebih akan masih sama, meskipun saya berharap pada rilisnya nanti akan ada pengembangan fitur baru di dalamnya yang turut memberikan tambahan variasi pada kontrol uniknya.

Detil grafis yang disajikan oleh game Nintendo memang tampak memukau dan sangat indah. Berbeda dengan game-game next-gen yang menjual grafis-grafis realistis pada umumnya, game-game keluaran Nintendo memang punya grafis indah, unik, serta khas yang membuatnya tampak punya kualitas unggulan. Dan dengan nuansa animasi full 3D yang indah seperti sebelumnya, game ini turut dikabarkan akan menampilkan 90% level yang baru. Mungkinkah dengan nuansa tampilan yang baru? Cukup menarik untuk dinantikan. Sound-sound yang tematis serta unik juga bisa dibilang sebagai salah satu nilai kuat untuk game ini. Seperti halnya game-game klasik dengan musik retro yang berkesan, tampaknya game Mario ini akan kembali menghadirkan komposisi kualitas sound yang pantas untuk diperhitungkan

Singkat kata, game Mario sepertinya memang tidak akan ada habisnya untuk terus dikembangkan. Apabila Xbox 360 dan PlayStation 3 boleh berbangga dengan game-game yang bisa dikategorikan keren oleh karena kualitas grafis realistis yang memukau, Nintendo boleh berbangga karena masih punya Mario dan Zelda. Karya orisinil dari Nintendo memang terbukti inovatif dan punya kualitas yang setara dengan kedua konsol next-gen lainnya, atau bahkan bisa juga dibilang lebih untuk beberapa hal. Nintendo memang masih memiliki apa yang tidak dimiliki oleh Xbox 360 dan PS3 untuk saat ini, dan salah satunya adalah Mario. Jadi, mari kita tunggu saja hasil “eksploitasi” terbaru Nintendo pada Mario ini untuk tahun depan.


 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template