Sabtu, 20 Juni 2009

[Playstation 3] inFamous





inFamous menceritakan tentang Cole, seorang kurir pengantar barang yang hidupnya telah berubah dari seharusnya setelah ia tanpa disengaja mengantarkan sebuah paket rahasia yang tanpa ia ketahui berisi bom. Malang, bom tersebut meledak dan memporak-porandakan sebagian dari Empire City, kota tempat ia berada. Akan tetapi, ia tidak tewas dan mampu bertahan dari ledakan tersebut. Malahan, ia kini mempunyai suatu kekuatan khusus yang tidak lazim dimiliki oleh manusia biasa. Ia dapat mengendalikan kekuatan listrik, menyerap listrik, dan mendayagunakan segala energi listrik sesuai yang ia inginkan. Namun, setelah itu ia turut mendapatkan dirinya sebagai penyebab terjadinya kecelakaan yang menimpa Empire City bersama dengan sebagian populasinya.


Cole bersama dengan sahabatnya, Zeke, lalu mencoba untuk menembus karantina yang dilakukan terhadap kota tersebut. Tidak berjalan sesuai yang mereka harapkan, Cole tertangkap dan dipertemukan dengan seorang agen FBI yang bernama Moya. Moya yang mengetahui kelebihan dan masalah yang menimpa Cole lalu menawarkan sebuah kesepakatan bersyarat untuknya. Ia meminta kerjasama Cole untuk menemukan Ray Sphere, benda yang menjadi penyebab ledakan tersebut, sekaligus menemukan kembali suaminya yang hilang, John. Maka Cole pun menerima tawaran tersebut demi membersihkan namanya yang sudah buruk di hadapan Empire City. Seiring dengan semakin jauhnya kamu memainkan game ini maka kamu akan dapat mengetahui perkembangan cerita yang menjadi salah satu daya tarik bagi game ini. Benar-benar seru dan mampu membuat gamers tertarik mengetahui kelanjutannya.


inFamous hadir membawakan gameplay bergaya sandbox, yang memungkinkan kamu bermain sebagai Cole, dapat berinteraksi di dalam nuansa open-world dari Empire City. Cole dapat berkeliaran di kota sesuka hati, melompat di atas gedung-gedung, memanjat bangunan atau tiang, dan melakukan banyak sekali interaksi dengan cukup leluasa. Mungkin cukup mengingatkan kamu pada waktu pertama kalinya game Spiderman 2 hadir dengan genre semacam ini. Kekuatan listrik yang kamu punyai juga dapat kamu gunakan dengan bebas di dalam kota tersebut. Dengan menahan tombol L1, kamu akan masuk ke tampilan first-person yang dengan menekan R1, maka Cole akan dapat menembakkan serangan listriknya. Tidak hanya mempunyai satu macam serangan listrik seperti itu saja, kamu juga akan menemukan cukup banyak ragam pengembangan skill yang dapat kamu lakukan pada Cole. Untuk itu kamu memerlukan XP yang bisa kamu dapatkan dari mengalahkan musuh sekaligus menjalankan misi. Berbagai tingkatan serangan dapat kamu buka dengan membayarkan sejumlah XP tertentu dan seiring dengan bagian tertentu yang kamu capai pada game ini, yang secara otomatis akan membukakan kemampuan baru tersebut. Selain serangan tegangan listrik tersebut, Cole masih mempunyai cukup banyak serangan variasi lain yang dapat dikombinasikan untuk menghasilkan stunt khusus yang juga akan memberikan tambahan XP. Misalnya, dengan menekan L1 dan X, kamu dapat mengeluarkan serangan shockwave yang dapat membuat obyek atau musuh kamu terpental seperti halnya menggunakan force ala Jedi atau kekuatan yang ada di film Push. Setelah membuatnya terpental, kamu bisa langsung melanjutkan serangan dengan mengeluarkan tegangan listrik yang akan menghasilkan stunt sekaligus tambahan XP.


Permainan bergaya open-world pada inFamous tidak bisa kamu bayangkan seperti bermain di dunia GTA dengan memiliki kekuatan listrik. Karena yang cukup menjadi kekuatan dari game ini adalah fitur karma yang akan mempengaruhi banyak hal pada game ini. Di pojok kiri atas layar, kamu dapat melihat adanya semacam gauge dengan berwarna separuh merah dan biru. Warna merah itu melambangkan reputasi buruk yang kamu dapatkan sedangkan biru untuk hal baik yang kamu perbuat. Pada bagian-bagian tertentu sesuai skenario, Cole akan dihadapkan pada pilihan baik-buruk yang harus diputuskan. Dengan menentukan baik-buruk, kamu juga akan mendapatkan title-title tertentu yang mempengaruhi sejumlah skill tertentu yang hanya bisa kamu ambil apabila kamu memenuhi persyaratan baik atau buruk yang diperlukan. Tidak hanya sampai disitu, keputusan baik-buruk yang kamu buat pada akhirnya juga akan mengantarkan kamu sampai di antara dua pilihan akhir cerita. Nilai baik-buruk ini pun dapat mempengaruhi variasi side mission yang bisa kamu jalankan. Ada kalanya juga di game ini kamu akan menemukan orang-orang yang terluka. Orang yang terluka itu bisa merupakan penduduk Empire City yang membutuhkan pertolongan atau bisa juga merupakan anggota dari The Reapers yang adalah musuh kamu. Dengan menekan R1 di dekatnya, kamu akan menemukan pilihan-pilihan: Segitiga untuk menyembuhkannya, Lingkaran untuk memborgolnya dengan kekuatan listrik, atau Kotak untuk melakukan bio-leech, yang dapat memulihkan kekuatan listrik kamu dengan menyerap orang tersebut sekaligus membunuhnya. Ketiga pilihan itu pun turut memberikan XP dan pengaruh terhadap sistem karma.


Di game ini kamu juga akan menemukan blast shard yang tersebar di berbagai bagian tertentu Empire City, yang apabila kamu kumpulkan pada jumlah tertentu nantinya akan dapat menambahkan pula kapasitas gauge kekuatan listrik yang kamu miliki. Listrik yang kamu miliki pun bukan berarti tidak ada habisnya. Apabila gauge tersebut sudah semakin menipis, maka kamu bisa mengisi ulang kekuatan kamu lewat berbagai obyek berlistrik yang ada di Empire City. Semakin jauh kamu memainkan game ini, perkembangan yang dimiliki oleh Cole akan semakin bervariasi, bahkan lebih dari sekedar kekuatan listrik. Salah satu kemampuan menarik yang bisa kamu temukan nantinya pada Cole adalah kemampuan grinding di jalur kereta listrik dalam kota, yang dengan kata lain akan memungkinkan kamu untuk berkeliling Empire City hanya dengan memanfaatkan rel dan kekuatan listrik kamu. Sebagaimana dasar teori hubungan listrik dengan air, Cole pun tidak dapat berada di air dengan leluasa, namun apabila musuh berada di air, Cole dapat memanfaatkan hal tersebut untuk hasil serangan yang lebih jauh lagi. Meskipun Cole kini memiliki kekuatan manipulasi listrik yang luar biasa, bukan berarti kamu dapat benar-benar langsung mendominasi Empire City. Hampir di setiap pelosok bagian Empire City didapati dengan keberadaan musuh-musuh yang bisa menyerang kamu dari arah mana saja. Dan hal itu terbilang cukup merepotkan, belum lagi ditambah dengan adanya musuh-musuh lain yang juga memiliki kekuatan lebih akibat dari ledakan tersebut. Seperti fitur yang umum ditampilkan pada game-game action saat ini, inFamous juga menyertakan fitur untuk pulih secara otomatis. Keseluruhan gameplay dari game ini memang terbilang sangat memuaskan dan tampak dikembangkan dengan matang.

Grafis dari inFamous juga patut untuk mendapat acungan jempol. Kualitas grafis dari game ini memang terlihat sangat baik dalam hal detil dan bagaimana Sucker Punch sukses membawakan isi dari Empire City. Akan tetapi, yang turut membuat game ini jadi lebih istimewa adalah gagasan Sucker Punch untuk mengemas bagian cinematic pada game ini dalam nuansa comic-style. Apabila mereka mengemas cinematic-nya dengan 3D seperti pada umumnya, mungkin tampilan grafis tersebut hanya terkesan seperti game-game lain. Namun, grafis bergaya komik ini telah membuatnya jadi lebih khas daripada game-game biasanya. Pencahayaan yang ditampilkan pada game ini pun terasa cukup pas dan tepat pada berbagai bagiannya. Detil grafis pada sistem karma juga bisa kamu rasakan disini. Kekuatan listrik yang dimiliki Cole akan berwarna biru sesuai dengan status baik yang ia miliki dan akan berwarna merah apabila status yang ia miliki buruk. Tidak hanya warna kekuatannya, karakteristik Cole beserta dengan tampilannya pun dapat dipengaruhi oleh hal itu. Begitu juga dengan reaksi masyarakat yang berada di sekitarnya. Contohnya, apabila Cole melakukan hal-hal baik, maka masyarakat Empire City di sekelilingnya pun dapat memuji dan mengelu-elukannya. Dan grafis yang baik disini bukan berarti tanpa kekurangan. Ada kalanya kamu juga akan mendapatkan adanya slow down pada saat-saat tertentu.


BGM yang diperdengarkan disini terdengar dengan cukup baik dan membawakan suasana yang ada di dalamnya. Sound effects yang ada pun terdengar menghadirkan suara dari tiap detil yang ada. Setiap penjuru arah terdengar dengan cukup realistis. Tentunya akan semakin mantap dengan adanya dukungan surround sound.


Ada banyak blast shard yang dapat kamu kumpulkan dari berbagai bagian Empire City. Lalu, ada banyak side mission yang bisa kamu selesaikan di game ini, unlockable skills untuk dibuka, audio dari John yang dapat kamu temukan, dan tentunya eksplorasi pada fitur karma di game ini. Seperti halnya game-game lain bergenre sejenis, nuansa open-world akan menarik kamu untuk menjelajahi setiap hal yang ada di dalam game ini. Kualitas cerita yang dikemas dengan baik pun akan membuat kamu merasa betah dalam mencari tahu kelanjutannya selama berjam-jam. Bosan menjadi jagoan? Coba saja menjadi pengacau disini.


Salah satu game yang memang harus diakui patut menjadi eksklusif untuk PS3. Tema cerita yang dibawakan pada game ini terbilang cukup dalam dan menarik untuk diikuti. Sistem karma yang dihadirkan merupakan salah satu nilai terkuat game ini. Kamu dapat memutuskan hal baik atau buruk, melakukan pengembangan terhadap karakter Cole dan menemukan banyak hal di dalam game ini. Ada banyak hal yang mampu membuat kamu duduk diam di depan game ini selama beberapa lama. Akan tetapi, menentukan jalan baik atau buruk dengan kekuatan yang kamu punya adalah yang utama pada game ini.



 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template