Senin, 15 Juni 2009

Sherlock Holmes vs. Jack the Ripper




Kami ingin tahu, berapa banyak sih gamer yang tidak mengenal nama Sherlock Holmes? Sherlock Holmes adalah seorang detektif ternama yang terkenal dengan kemampuannya mencari dan menganalisa bukti-bukti yang ada. Selain itu, ia juga merupakan seorang pecandu obat-obatan, tidak suka bermain-main dengan wanita dan lebih banyak menghabiskan waktunya sendirian di dalam kamar sambil melakukan riset.



Sekarang Frogwares, salah satu developer daru Eropa, sudah beberapa kali merilis game dengan menggunakan Sherlock Holmes sebagai tokoh sentralnya. Kebanyakan game yang dihasilkan, semuanya cukup menarik dan sangat menantang otak kita. Begitupula halnya dengan game terbarunya ini, dimana kali ini, kamu akan melihat seorang Sherlock Holmes berhadapan dengan penjahat berantai terkenal di dunia (dan dalam sejarah), Jack the Ripper dalam game yang berjudul Sherlock Holmes vs. Jack the Ripper.

Kisah game ini dimulai di 221 Baker Street dimana Holmes dan Watson diminta untuk membantu polisi dalam proses investigasi terkait dengan pembunuhan seorang prostitusi di Whitechapel. Karena Holmes tidak terlalu percaya dengan polisi, akhirnya ia memutuskan untuk mencoba menangkap pelakunya sendiri, dibantu oleh Watson. Dalam permainan, kamu bisa mengendalikan Sherlock dan juga Watson, tergantung pilihanmu. Pergerakan karakter masih tetap sama, menggunakan tombol WASD dan kamu bisa bertukar karakter dengan menggunakan tombol R dan Ctrl+R. Kamu juga bisa memilih apakah mau menggunakan sudut pandang orang pertama ataukah sudut pandang orang ketiga.


Inti permainan disini adalah pengumpulan informasi. Kamu akan diminta untuk membantu mencari dan mengumpulkan informasi di tempat-tempat seperti bar, lokalisasi, klinik, kantor polisi dan bermacam-macam toko yang ada. Butuh banyak sekali trik untuk bisa mendapatkan informasi dari para polisi, para saksi mata yang tidak mau berbicara terus terang hingga mencoba mendapatkan informasi dengan cara menyamar. Bagi Kotakers yang pernah membaca bukunya, tentu akan tahu bahwa Holmes merupakan seorang aktor yang handal. Sering kali ia berhasil mengecoh bahkan orang terdekatnya sekalipun dengan penampilannya dan aktingnya yang apik. Sama pula halnya dengan dalam game ini. Kamu akan menemukan Holmes yang menyamar dengan cerdiknya. Tapi mungkin ada satu yang agak kurang. Logat bicara Holmes yang lebih terkesan elegan, tidak pernah dilepaskan walaupun ia sedang menyamar menjadi seorang pengemis. Mengerti apa yang kami bicarakan disini?

Tidak kalah dengan aktingnya adalah kemampuan investigasinya yang tiada duanya. Kemampuan deduksinya merupakan satu titik yang sangat ditonjolkan disini dan merupakan salah satu bagian yang paling seru disini. Kamu akan mengendalikan Holmes atau Watson, berkeliaran di sekeliling tempat kejadian menggunakan kaca pembesar, melakukan rekayasa ulang kejadian, membuat diagram dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua kegiatan ini juga akan dibarengi dengan teka-teki yang pastinya akan membuat gamer semakin penasaran bagaimana cara memecahkan teka-tekinya.

Grafik patut diacungi jempol. Semua yang ada disini terlihat detil, mulai dari penampilan Sherlock Holmes, Watson hingga bentuk barang bukti yang berhasil kamu temukan selama penyelidikanmu. Barang yang sudah kamu temukan, akan kamu temukan tergeletak dengan manis di salah satu almari yang ada. Menurut informasi, tim yang bertanggung jawab dalam pembuatan gambarnya memang sengaja membuatnya seperti itu, mengikuti gambaran referensi yang ada dalam novelnya. Bahkan lebih jauh lagi, naskah yang diberikan juga mirip dengan metode konsultasi yang digunakan oleh Sir Arthur Conan Doyle.


Dalam game ini, kamu bukan hanya disuguhkan dengan gambar dan naskah yang apik saja. Tapi kamu juga akan ditemani oleh beberapa fitur tambahan yang pastinya akan sangat membantu kamu. Fitur tersebut adalah fitur dimana kamu hanya tinggal memencet spacebar dan semua tempat yang bisa kamu ajak berinteraksi akan menyala dan kamu tidak lagi perlu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencari sesuatu. Bahkan game ini juga sering memberitahukan apa saja yang perlu kamu lakukan, sehingga kamu tidak akan menghabiskan banyak waktumu hanya untuk mencari tahu tempat selanjutnya yang harus kamu kunjungi ada dimana.

Seperti biasa, sebagus apapun sebuah game, pasti akan memiliki kekurangan juga. Salah satunya adalah unsur teka-teki yang diberikan disini lebih sering terasa tidak masuk akal daripada masuk akal. Bahkan untuk voiceover, terasa kurang bagus. Animasi juga terasa agak aneh. Pasalnya, setiap kali kamu mau coba berbicara dengan Watson atau Holmes, maka nantinya karakter kamu akan berputar layaknya robot dan hal tersebut mengurangi nilai game ini sendiri.


Komentar terakhir dari kami, walaupun ada kekurangan disana sini, tapi game ini masih tetap salah satu game yang wajib untuk dimainkan. Kamu bisa membayangkan bukan bagaimana serunya pertandingan antara detektif terhebat di dunia dengan penjahat terhebat di dunia. Kira kira siapa yang menang ya? Kalau ingin tahu, mainkan gamenya. ^^


 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template