Selasa, 09 Juni 2009

[Wii] Punch Out!!




Game ini adalah sebuah remake classic. Jaman dulu dimana grafik yang ditawarkan hanya sederhana, gameplay game inilah yang menjadi daya tarik utama.

Saya cukup kaget Nintendo tidak merubah gameplay game ini sama sekali. Mungkin game ini ditujukan kepada gamers senior yang ingin nostalgia lagi, juga gamer baru yang enggak mau pusing ataupun mengira game ini hanyalah clone dari Fight Night.



Gameplay Punch Out!! sangatlah fun, walaupun tidak didukung oleh engine 3D yang real. Sebagai Little Mac kita hanya berdiri menghadapi lawan tanpa bisa bergerak kesana kemari, seakan-akan kita main catur saja.

Daya tarik utama dari remake ini adalah penggunaan Wiimote dan Nunchuk yang bisa gunakan sebagai "sarung tinju", mirip dengan game boxing di Wii Sports. Selain itu, game ini juga bisa menggunakan Balance Board yang bisa kita beli sepaket dengan Wii Fit. Tapi review ini saya buat berdasarkan cara main klasik, yaitu digital controller dengan 2 tombol (1 dan 2), karena permainan cara klasik inilah cara terbaik untuk mengalahkan game ini. Kayaknya cape dee kalau harus main game ini dengan nonjok-nonjok...

Cukup banyak gamer yang hampir enggak jadi beli game ini karena berpikir cara mainnya harus dengan nunchuk juga dengan balance board. Setelah tahu kalau game ini juga bisa dimainkan dengan cara klasik, gamers biasanya langsung membeli game ini.

Little Mac hanya memiliki 3 macam serangan yaitu serangan atas, serangan bawah, dan super. Tombol 1 digunakan untuk pukul kiri, 2 untuk pukul kanan. D-pad kiri untuk menghindar ke kiri, kanan untuk menghindar ke kanan, bawah untuk menunduk, dan atas untuk mengangkat tangan yang gunanya untuk memblok serangan atas. Serangan atas kita keluarkan dengan menekan tombol digital atas dibarengi dengan pukul kiri atau kanan. Kadang kala kita bisa mendapatkan super jika kita bisa memukul pada saat yang tepat (musuh berwarna kuning).

Game ini terdiri dari 3 kelas tinju yang harus kita ikuti, yaitu minor, major, dan world circuit. Little Mac harus melalui ketiga kelas ini untuk menjadi juara dunia sejati. Jika kamu menyelesaikan semua kelas diatas, kamu akan ketemu 2 mode lagi yaitu Title Defense mode dan Last Stand mode.

Di Title Defense mode, kamu akan melawan musuh yang kamu sudah temui sebelumnya dengan beberapa gerakan yang di tweak sehingga membuat kamu harus belajar lagi cara melawan musuh kamu dari nol.

Di Last Stand Mode, kamu akan kedapatan Little Mac tanpa kemampuan mengisi tenaga. Selain itu, Game Over akan terjadi jika Mac kalah 3 kali, dan kamu harus ulang lagi dari awal. Jangan berpikir untuk curang ya, kamu enggak akan bisa quit ditengah game.

Next Level sebagai pengembang game ini membuat game ini tidak jauh dari game aslinya. Sudah 15 tahun sejak Super Punch Out di Super Nintendo yang hingga masih sekarang masih suka saya mainkan di emulator, sehingga banyak gamer yang tidak bisa keluar dari nostalgia jika memainkan game ini di Wii. Hampir semua karakter kembali pada game Punch Out!! versi Wii ini. Semuanya kembali dengan kelemahan-kelemahan yang kita sudah tahu pada game klasiknya.

Walaupun demikian, ada 3 karakter baru yang bisa kita temukan pada game ini yaitu Disco Kid, Giga Mac, dan Donkey Kong (!!!). Karakter-karakter ngetop seperti Super Macho Man dan Mr. Sandman dirender dengan dengan cukup baik dan terlihat sangat colorful, cukup meyakinkan untuk console Wii yang powernya dibawah 360 maupun PS3. Tapi game ini bukan mengenai grafik kok.

Jika kamu pernah main Punch Out!! versi NES dan SNES, kamu akan menemukan beberapa cut scene yang benar-benar baru, seperti obrolan-obrolan karakter pada jelang pergantian ronde, ataupun latihan berlari melawati patung Liberty di New York yang sangat legendaris. Juga tidak ketinggalan animasi Knock Out yang bisa membuat kamu tertawa keras, seperti pada saat King Hippo KO mental keluar ring. Boong aja deh, kalau kamu enggak ngakak.

Sound game ini biasa-biasa saja. Yang menjadi perbedaan dengan seri PO sebelumnya adalah suara pelatih kamu yang lebih sering terdengar.

 

Gamers Zone Copyright © 2008 D'Black by Ipiet's Blogger Template